PM Najib Razak hadiri IORA di Jakarta

| 259 Views
id Najib Razak, IORA
PM Najib Razak hadiri IORA di Jakarta
Perdana Menteri Najib Razak dan mantan Dubes RI di Kuala Lumpur Herman Prayitno (1)
"Para pemimpin diharapkan membahas dan meninjau kemajuan dan prestasi dari dua dekade kemitraan, serta membahas kerja sama regional untuk dekade berikutnya. Perdana Menteri Najib Razak dijadwalkan menyampaikan pernyataan Malaysia pada debat umum
Kuala Lumpur, (AntaraKL) - Perdana Menteri Malaysia, Dato' Sri Mohd Najib Tun Abdul Razak, akan memimpin delegasi Malaysia dalam pertemuan pemimpin The Indian Ocean RIM Association (IORA) di Jakarta, Indonesia pada 7 Maret 2017.

"Pertemuan dengan tema `Penguatan Maritime Cooperation untuk Perdamaian, Stabil dan Sejahtera Samudera Hindia` menandai ulang tahun ke-20 dari IORA sejak awal resmi berdiri pada tahun 1997," ujar Menteri Luar Negeri Malaysia, Dato `Sri Anifah Aman dalam siaran persnya di Kuala Lumpur, Minggu.

Perdana Menteri Malaysia, Dato `Sri Mohd Najib Tun Abdul Razak bakal disertai dengan istrinya, Datin Sri Rosmah Mansor, Menteri Luar Negeri, Dato `Sri Anifah Aman dan pejabat senior dari Kantor Perdana Menteri.

"Para pemimpin diharapkan membahas dan meninjau kemajuan dan prestasi dari dua dekade kemitraan, serta membahas kerja sama regional untuk dekade berikutnya. Perdana Menteri Najib Razak dijadwalkan menyampaikan pernyataan Malaysia pada debat umum konferensi tersebut," kata Menlu Sri Anifah Aman.

Dia mengatakan para pemimpin juga diharapkan untuk mengadopsi IORA Concord sebagai dokumen hasil konferensi IORA.

The IORA Concord menegaskan kembali janji atau komitmen negara anggota terhadap tujuan IORA, yang mencakup mempromosikan keselamatan dan keamanan maritim di kawasan, meningkatkan kerja sama perdagangan dan investasi, mempromosikan pengelolaan perikanan yang berkelanjutan dan bertanggung jawab, pengembangan dan pembinaan pariwisata serta pertukaran budaya.

"Concord juga berupaya untuk meningkatkan kerja sama dan kemitraan di antara negara anggota, serta memanfaatkan secara lebih efektif, keuntungan yang melekat pada kawasan Samudera Hindia," katanya.

KTT IORA akan didahului oleh dua pertemuan persiapan, yaitu pertemuan Komite Pejabat Senior dan Rapat Dewan Menteri pada tanggal 5 dan 6 Maret 2017.

"Perdana Menteri Najib juga akan mengadakan pertemuan bilateral dengan para pemimpin anggota IORA untuk membahas isu-isu bilateral dan regional yang menjadi kepentingan bersama," katanya.

Partisipasi Perdana Menteri Najib Razak mencerminkan komitmen Malaysia dan dukungan untuk IORA serta komitmen untuk meningkatkan kerja sama regional dengan sesama negara anggota dan mitra dialog IORA untuk membangun kawasan Samudera Hindia yang damai, stabil dan makmur .

Saat ini IORA terdiri atas 21 negara anggota dari wilayah Samudera Hindia dan tujuh mitra dialog yaitu Cina, Mesir, Prancis, Jerman, Jepang, Inggris dan Amerika Serikat.

TZ/ c/a011
(T.A034/C/A011/A011) 05-03-2017 19:14:35

Editor:

COPYRIGHT © ANTARA 2017