Selasa, 22 Agustus 2017

Guru SILN se-Malaysia Ikuti Pelatihan Kompetensi

| 117 Views
id SIKL, Sekolah Indonesia Kuala Lumpur
Guru SILN se-Malaysia Ikuti Pelatihan Kompetensi
Guru SIKL (Foto ANTARA/dok) (1)
Kuala Lumpur, (AntaraKL.Com) - Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) se-Malaysia pada 21-23 Juli 2017 di Johor Bahru sebagai solusi peningkatan kualitas guru.

Kegiatan ini diikuti 97 guru dari Sekolah Indonesia Kuala Lumpur, Sekolah Indonesia Kota Kinabalu dan Indonesian Community Center Johor Bahru.

"Penyelenggaraan workshop ini dilandasi dengan keyakinan bahwa guru-guru SILN pun perlu penyegaran pengetahuan dan keterampilan baru sehingga kegiatan pembelajaran yang lebih berorientasi kepada peserta didik," ujar Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur, Prof Dr Ir Ari Purbayanto, M.Sc.

Dia mengatakan pelatihan di Johor Bahru ini merupakan yang ketiga kalinya dilakukan setelah sebelumnya pada 2015 dilakukan di Kota Kinabalu dan di Melaka pada tahun 2016.

"Titik tekan pelatihan pada tahun ini adalah pendidikan karakter sesuai dengan arah pendidikan pada Kurikulum Nasional," kata Ari Purbayanto.

Kegiatan ini dibuka oleh Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Kuala Lumpur, Andreano Erwin.

Andreano mengatakan sudah saatnya program seperti ini bisa dilestarikan dan dilaksanakan secara berkesinambungan sebagai upaya pemutakhiran keilmuan guru-guru kita yang mengajar anak-anak Indonesia di Malaysia.

"Anak-anak Indonesia lulusan SILN di Malaysia telah menunjukkan prestasi antara lain dengan tingginya angka lulusan yang diterima di perguruan tinggi terbaik di Indonesia maupun di luar negeri," katanya.

Karena itu, gurunya juga harus terus di-upgrade sehingga mutu peserta didik juga terus meningkat.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta praktisi pendidikan dengan materi antara lain mengenai pembelajaran kreatif, pendidikan karakter, penggunaan IT dalam pembelajaran serta informasi kebijakan terkait profesi guru.

Kegiatan ini diselenggarakan tidak hanya untuk meningkatkan kompetensi guru-guru SILN se-Malaysia, tetapi juga seiring dengan upaya meningkatkan mutu layanan pendidikan bagi anak-anak bangsa di Malaysia. (T.A034/B/S023/S023) 22-07-2017 19:03:01

Editor:

COPYRIGHT © ANTARA 2017