Minggu, 18 Februari 2018

Warga Korut terkait kasus Kim Jung Nam diungkap

| 70 Views
id Kim Jong Nam
Warga Korut  terkait kasus Kim Jung Nam diungkap
Kim Jong-Nam, 45 (kanan), kakak tiri diktator muda Korut Kim Jong-Un dibunuh dengan racun di Malaysia pada hari Senin, 13 Februari 2017. Foto / REUTERS / Lim Se-young (1)
Kuala Lumpur, (AntaraKL) - Nama empat orang laki-laki Korea Utara yang terkait dengan pembunuhan kakak tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-Nam yang hingga sekarang masih bebas diungkap dalam pengadilan Mahkamah Tinggi Shah Alam, Selasa.

Petugas investigasi dari Markas Besar Polisi Distrik Sepang, ASP Wan Azirul Nizam Che Wan Azis, mengemukakan identitas nama ke empat orang tersebut ditemukan dalam sebuah investigasi oleh Tim Khusus Kepolisian Bukit Aman.

Dia mengatakan "Mr Chang" diidentifikasi sebagai Song Song Hac (34), Mr Y sebagai Ri Ji Hyion (33), Hanamori atau Grand-Pa Uncle sebagai Ri Jae Nam (57) dan Mr Jame sebagai O Jong Dil (55).

Semua laki-laki tersebut, ujar dia, adalah warga Korea Utara berdasarkan paspornya.

Lebih lanjut Wan Azirul mengatakan mereka berada di Malaysia antara 31 Januari hingga 7 Februari dan tiga diantaranya meninggalkan Malaysia melalui KLIA menuju Jakarta pada 12.30 malam pada 13 Februari 2017 beberapa jam setelah Kim Jong-Nam dibunuh.

Dia juga mengidentifikasi James meninggalkan Malaysia pada 02.30 pada hari yang sama tetapi tidak diketahui tujuannya.

Sebelumnya rekaman CCTV yang diputar di mahkamah menyebutkan nama-nama seperti Mr Y, Mr Chang dan Hanomari meninggalkan KLIA2 menuju KLIA menggunakan mobil silver milik Ri Jong Il, seorang warga Korut yang ditangkap pada 16 Februari atau dua hari setelah kematian.

Orang ke empat diketahui sebagai Mr James yang meninggalkan KLAI 2 ke Sama-Sama Hotel di KLIA dimana dia check out dari ruangannya dan memimpin menuju KLIA.



















Editor:

COPYRIGHT © ANTARA 2018