• KBRI Kuala Lumpur Pulangkan 9 Korban Perdagangan Orang

    KBRI Kuala Lumpur Pulangkan 9 Korban Perdagangan Orang

  • David Moyes dipecat

    David Moyes dipecat

  • Wali Kota Surabaya terima penghargaan di London

    Wali Kota Surabaya terima penghargaan di London

  • Sepak Bola - Ronaldo dkk Akan Unjuk Kemampuan di Indonesia

    Sepak Bola - Ronaldo dkk Akan Unjuk Kemampuan di Indonesia

Menkeu: Investor Asing Banyak Raih Keuntungan di Indonesia

Menteri Keuangan M Chatib Basri/Foto: Aulia BadarKuala Lumpur, (AntaraKL) - Menteri Keuangan Chatib Basri mengatakan investor asing di sejumlah sektor usaha banyak meraih keuntungan atas kegiatan usahanya di Indonesia seperti sektor telekomunikasi, otomotif, perbankan, industri kosmetika serta industri lainnya.

"Perusahaan-perusahaan tersebut meraih keuntungan yang besar," katanya dalam sebuah seminar The Challenge frorm Quantitative Easing to Economics Management in Southest Asia:  "Indonesia's Experience" di Kuala lumpur, Malaysia, Senin (27/1).

Dia mengatakan dengan margin keuntungan yang besar tersebut membuat investor cukup gembira menjalankan bisnisnya di Indonesia.

Untuk itu, dia berharap para investor asing yang meraih keuntungan besar itu tidak membawa balik keuntungan tersebut ke negaranya tapi direinvestasikan kembali di Indonesia.

Saat ini, pemerintah sedang mempersiapkan kebijakan pemberian insentif kepada investor asing yang melakukan reinvestasi keuntungan mereka tersebut. Insentif tersebut nantinya bisa berupa keringangan pajak dividen.

"Kementerian Keuangan sedang siapkan kebijakan tersebut. Satu hingga dua bulan diharapkan bisa selesai," ungkapnya dalam sebuah seminar yang dihadiri ratusan peserta kalangan akademisi mancanegara tersebut.

Dengan mereinvestasikan keuntungan tersebut dan tidak dibawa keluar Indonesia maka diharapkan bisa memperkuat nilai tukar rupiah.

Sementara itu, sejumlah investor Malaysia juga telah menanamkan modal dan menjalankan kegiatan usahanya di sejumlah sektor bisnis di Tanah Air seperti perbankan, telekomunikasi ataupun industri kelapa sawit.

"Indonesia sangat mendukung investor dari Malaysia yang tanamkan modalnya di sejumlah sektor usaha di Tanah Air," ungkapnya. (AB/sh)